Tips Scuba Diving dan Free Diving di Pulau pari Bagi Pemula

Tips Scuba Diving dan Free Diving di Pulau pari Bagi Pemula – Diving merupakan tingkatan selanjutnya setelah Anda bosan dengan snorkling. Umumnya mereka yang lanjut ketahap diving menginginkan eksplorasi lebih jauh dan melihat lebih banyak di kedalaman laut serta mengagumi keindahannya.Tidak seperti snorkeling yang bebas dilakukan siapa saja, diving umumnya membutuhkan lisensi untuk course – course tertentu seperti misalnya laut dalam ataupun gua. Tapi bagaimana kalau pemula, apa bisa diving tanpa lisensi ?

Scuba Diving di Kepulauan Seribu

Jawabannya tentu bisa, ada yang dinamakan scuba diving (  scuba diving means ) dan ada yang namanya free diving. Untuk scuba diving, Anda memerlukan lisensi karena ada berbagai alat yang dibutuhkan serta kedalaman dalam scuba diving jauh lebih dalam. Sedangkan untuk free diving, Anda tidak membutuhkan alat hanya saja ada tali yang dipasang untuk menentukan seberapa dalam Anda bisa pergi dan saat dimana Anda harus naik ke atas permukaan, free diving ini bisa dilakukan tanpa lisensi tapi tentunya tetap mematuhi arahan yang ada ya.

Untuk scuba diving biasanya kedalaman bisa minimal 15 m, sedangkan untuk free diving ( freediving training ) kedalamannya berbeda – beda tergantung dari arus dan lain sebagainya, tapi umumnya untuk free diving hanya diberi waktu 40 – 60 detik saja di bawah air, kecuali Anda sudah profesional maka waktunya akan bisa lebih lama dan meningkat.Nah, sudah ada informasi singkat mengenai diving, sekarang kita masuk tips diving di Pulau Pari bagi pemula ya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan bagi pemula supaya bisa aman melakukan diving di Pulau Pari. Ingat diving adalah suatu kegiatan berbahaya ya, salah perhitungan bisa berakibat fatal dan bahkan bisa meninggal.

Alat – alat Lengkap dan Cek Kesehatan

Free Diving vs snorkeling

Mengecek kondisi tubuh Anda sendiri adalah hal yang wajib dilakukan biasanya sebelum scuba diving ada beberapa hal yang harus di cek semisal jantung, air seni, riwayat kesehatan dan juga rotgen dada.

Alat – alat untuk scuba diving dan free diving berbeda, alat untuk free diving berupa masker 9 masker ini lebih kecil dan volumenya juga lebih kecil berbeda dari masker scuba diving), kaki katak, boot, wetsuit, jam tangan khusus menyelam. Sedangkan untuk scuba diving ada air hose, snorkel, buoyancy compesatorm wetsuit, emergency regulator, information console, fin, weight belt, knife, inflator, mask, hood, air cylinder, regulator first stage,gloves, boot.Semua alat – alat diatas harus benar – benar di cek kondisinya dan lengkap ya karena jika satu saja tidak ada maka akan sangat berbahaya melakukan penyelaman di laut, meskipun kita ada instruktur.

Instruktur

Free Diving vs Scuba Diving

Adanya instruktur atau orang yang lebih ahli sangatlah penting karena mereka akan tahu apa yang harus dilakukan jik terjadi kejadian emergency dan bisa memandu Anda melakukan penyelaman yang aman baik saat free diving atau scuba diving di Pulau Pari.

Jangan Memencar

Sangat berbahaya jika melakukan penyelaman dan berbisah dari rombongan karena jika ada sesuatu yang terjadi maka tidak akan ada yang bisa menolong Anda. Jika ingin memisah, jangan pergi terlalu jauh dan beritahu teman Anda.

Free Diving tidak Lebih dari 10 m

Untuk pemula yang belum terlalu mahir melakukan free diving, jarak yang aman dilakukan adalah 10 m. Ini untuk berjaga – jaga perhitungan waktu kembali ke atas dan kekuatan tubuh untuk menahan tekanan di dalam air. Untuk mereka yang sudah profesional, bisa sampai kekedalaman lebih dari 30 m.Tapi jangan sedih, meskipun hanya bisa sampai 10 m saja, rata – rata spot diving di Pulau Pari sangat indah dan terawat sehingga pada kedalaman 6 – 7 meter, Anda sudah bisa melihat dari dekat berbagai biota laut yang ada seperti anemon ataupun terumbu karang yang cantik – cantik.( scuba socks )

Free Diving Deep Training

Untuk melakukan free Diving  Deep training di Pulau Pari, Anda bisa melakukannya di dekat pantai Pasir Perawan. Disini ada spot diving di Pulau Pari yang unik yaitu wreck ship atau kapal karam. Permukaan air disini cukup tenang dan juga kedalamannya sangat cocok bagi kamu yang sudah memiliki dasar free diving dan ingin memulai Deep Training. Kedalaman yang umumnya dilakukan untuk deep training disini adalah 10 -16 m. Dalam keadaan 16 m bouyachy masih baik dan sangat cocok bagi Anda yang masih pemula,no limits freediving.

Scuba Diving Jangan Dekat Karang

Bagi pemula apalagi yang tidak paham dengan keadaan laut, melakukan scuba diving di dekat karang sangatlah berbahaya karena sudah ada kejadian fatal yang terjadi ketika salah satu anggota klub diving tersangkut di karang dan kemudian meninggal dunia.Pada bagian dasar laut Pulau Pari, terdapat banyak karang – karang yang mungkin sulit terlihat oleh mata, sehingga pastikan jangan terlalu dekat pada obyek yang Anda belum yakin dan jangan pula terlalu turun kebawah.Karna kegiatan scuba diving sangat beda dengan snorkeling definition.

Hafalkan Isyarat

Terakhir, hafalkanlan isyarat – isayarat yang akan diberikan oleh pemandu. Hal ini untuk membantu Anda jika mengalami kesulitan dan juga untuk berkomunikasi dengan pemandu serta sesama peserta lainnya. Jangan sampai Anda salah mengartikan petunjuk yang diberikan oleh pemandu.

Sekian tips scuba diving dan free diving di Pulau Pari bagi pemula, ingatnya diving bukanlah kegiatan yang 100% aman walaupun Anda sudah mahir jadi selalu hati – hati .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.